9 Cara Agar Dapat Membaca Teks Dengan Lebih Cepat

Membaca dengan cepat serta mendapatkan pemahaman dengan tepat adalah sesuatu yang sangat diinginkan. Untuk mendapatkan itu, coba Anda praktikkan 9 tips ini agar dapat membaca teks dengan lebih cepat.

9 Cara Membaca Teks Dengan Cepat

1. Menjadikannya Sebagai Kebiasaan


Membaca bukanlah pelajaran yang dalam sekejap bisa dikuasai. Ini membutuhkan jam terbang, dengan Anda membaca lebih sering dari sebelumnya, kemungkinan besar daya membaca Anda akan jauh lebih baik. Dapat membaca dengan cepat, sudah itu mendapatkan pemahaman yang tepat, itu pasti akan Anda dapatkan.

2. Baca Dalam Hati, Jangan Libatkan Lidah


Ingat tujuan awal kita adalah membaca, jadi kita tidak perlu melibatkan lidah sepertihalnya kita sedang bercakap dengan orang lain. Cukup baca dalam hati, resapi makna dalam teks yang dibaca, dengan begitu akan lebih cepat.

3. Ukuran Font Lebih Besar

Gunakan ukuran font yang lebih besar, jangan terlalu kecil karena itu akan menyulitkan kita dalam membcanya. Juga jangan terlalu besar, percaya atau tidak, mata akan terasa pegal ketika membaca teks yang banyak dengan ukuran font yang terlalu besar.

4. Atur Irama, Sesuaikan Dengan Teks

Kita akan membaca lebih cepat ketika yang dibaca adalah informasi yang kira - kira mudah kita cerna. Namun ketika menemukan teks dengan informasi yang agak rumit, irama membaca agak di pelankan, dan resapi maknanya.

5. Fokus

Membaca dengan fokus itu lebih baik daripada membaca sambil melakukan hal lain. Karena fokus, informasi yang didapat jauh lebih banyak, dan menyita sedikit waktu.

6. Gunakan Alat Bantu

Supaya dapat meningkatkan konsentrasi terhadap bagian-bagian di dalam teks, Anda bisa menggunakan alat bantu seperti pulpen, jari, atau penunjuk lain yang bisa digunakan untuk membantu mata mengenali bagian-bagian teks yang dibaca.

7. Tekankan frase daripada kata

Pemahaman yang dilakukan dari kata per kata bisa memberikan Anda keterlambatan dalam membaca, usahakan untuk mulai dari frase-frase dibandingkan dengan memperhatikan kata demi kata.

8. Ulangi Membaca

Dengan mengulangi bacaan Anda dapat membaca teks lebih cepat dari sebelumnya karena kita sudah tau seperti apa teks yang akan kita baca. Dengan begitu dapat melatih kita dalam kebiasaan membaca.

9. Prioritaskan Hal - hal Penting

Prioritaskan hal - hal penting terlebih dahulu, apabila terdapat hal yang dirasa tidak penting bisa dilewati atau dibaca saat Anda membaca teks itu untuk yang kedua kalinya.

Itulah 9 cara membaca cepat yang bisa kita terapkan sehari - hari.

0 Response to "9 Cara Agar Dapat Membaca Teks Dengan Lebih Cepat"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.