5 Jenis Teks Bahasa Inggris Yang Umum Digunakan

Banyak sekali jenis - jenis teks dalam bahasa inggris. Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai jenis teks yang umum digunakan. Dalam literasi bahasa inggris ada beberapa jenis teks yang memiliki tujuan masing - masing dan memiliki struktur yang berbeda - beda.

5 Jenis Teks Bahasa Inggris Yang Umum Digunakan

Nah pada kesempatan ini, jenis teks yang akan kita bahas ada 5. Ini adalah yang paling umum digunakan.

Inilah 5 jenis teks dalam bahasa inggris yang umum digunakan :

Narrative Text


Narrative Text adalah jenis teks yang berisikan tentang cerita yang mempunyai alur atau tahapan waktu. Jenis teks ini pada umumnya berbentuk cerita fiksi atau karangan. Tujuan teks Narrative adalah sebagai hiburan atau bahan bacaan santai bagi pembacanya.

Struktur Teks :

Stuktur teks Narrative dibagi menjadi 4 yakni Orientation, Complication, Resolution dan Coda :
  • Orientation : berisi gambaran umum tentang siapa, dimana, dan kapan cerita tersebut terjadi.
  • Complication : berisi pengenalan masalah atau konflik yang terjadi pada cerita tersebut.
  • Resolution : berisi bagaimana proses dari akhir cerita tersebut. Kita mengenai 2 jenis akhir cerita yakni happy ending (akhir bahagia) atau sad ending (akhir sedih).
  • Coda : Amanat atau nilai moril dari cerita tersebut. Pada beberapa teks Narrative, Coda bisa saja tidak muncul. Tergantung pada sang penulis cerita perlu atau tidak memberikan tahapan tersebut.

Descriptive Text

Descriptive Text adalah jenis teks yang berisikan gambaran atau penjelasan tentang sebuah objek baik itu orang, hewan, tumbuhan, tempat, dan sebagainya,bertujuan agar pembaca dapat mendapatkan gambaran bahkan gambaran yang sempurna dari text ini.

Struktur Teks:

Stuktur teks Descriptive dibagi menjadi 2 yakni Identification dan Description
  • Identification : Berisi pengenalan secara umum, biasanya terdiri dari 1-2 kalimat saja.
  • Description : berisi penjelasan yang lebih khusus mengenai obyek yang dibahas. Penjelasan tersebut diberikan dalam beberapa sub bahasan. Sebagai contoh saat membahas hewan, sub yang dibahas adalah bagaimana bentuknya, cara hidupnya, warnanya, proses berkembangbiaknya dan lain-lain.

Procedure Text

Procedure Text adalah teks yang berisikan langkah-langkah untuk menjalankan sesuatu. Teks Procedure ini umumnya ditemui dalam panduan tutorial, entah itu cara memasak, memperbaiki barang, dll. Mengenai. Bertujuan memberikan petunjuk agar pembaca bisa melakukan sesuatu yang dibahas dengan lebih mudah.

Struktur Teks:

Stuktur teks Procedure dibagi menjadi 3 yakni Goal/Aim, Materials dan Steps.
  • Goal/Aim : Berisikan tentang kegiatan apa yang akan dilakukan, dapat dilihat dibagian judul text tersebut. Dan biasanya diawali dengan "How" atau "Step".
  • Materials : Berisikan tentang alat dan/atau bahan yang diperlukan dalam proses nantinya.
  • Steps : Berisi step by step panduan menjalankan sesuatu yang disusun secara rinci dan runtun.


Recount Text

Recount Text adalah teks yang berisi cerita berdasarkan pengalaman masa lalu seseorang yang disampaikan sesuai dengan alur dan tahapan waktu. Recount Text mungkin terlihat sama dengan Narrative Text, nah poin utama yang membedakan kedua adalah jika Narrative berupa cerita karangan, sedangkan Recount berisi kejadian yang benar-benar pernah terjadi dimasa lampau.

Tujuan komunikatif dari teks ini adalah untuk memberikan informasi tentang kejadian di masa lalu yang mungkin penting untuk disampaika.

Struktur Teks:

Stuktur teks Recount dibagi menjadi 3 yakni Orientation, Events dan Re-orientation.
  • Orientation : berisi pengenalan umum tentang siapa yang terlibat dalam teks, latar tempat dan waktu.
  • Events : berisi kejadian-kejadian yang pernah dialami oleh sang pelaku dalam teks tersebut.
  • Re-orientation : berisi pesan atau kesan dari sang pelaku selama mengalami kejadian yang diceritakan. Bisa juga ditutup dengan rangkuman kembali secara singkat dari kejadian yang telah disampaikan.

Report Text

Report Text ialah sebuah teks yang berisi informasi secara umum dari suatu obyek.  Dalam jenis teks Report, obyek dibahas secara umum atau garis besarnya saja dan didasarkan pengamatan sepintas. Tujuan komunikatif teks Report adalah menyampaikan sesuatu secara umum kepada pembaca sebagai informasi ringan, seperti pemberitahuan atau notification.

Struktur Teks:

Stuktur teks Report dibagi menjadi 2 yakni General Classification dan Description.
  • General Classification : berisi pengelompokan secara umum informasi yang akan disampaikan dalam teks tersebut. Pada poin ini pembaca sudah bisa mengindentifikasi tema bacaan tersebut tentang apa.
  • Description : berisi penjelasan tentang informasi utama yang dipilah-pilah ke dalam beberapa sub-informasi namun masih tetap disampaikan secara umum.

Nah itulah 5 jenis teks yang umum digunakan dalam bahasa inggris. Semoga bermanfaat.

0 Response to "5 Jenis Teks Bahasa Inggris Yang Umum Digunakan"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.